Beranda | Artikel
Bahaya Kezaliman dan Keutamaan Memaafkan Orang Lain - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 30 Maret 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Rekaman video: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. – Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi dari Buku Aktualisasi Akhlak Muslim

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Bahaya Kezaliman dan Keutamaan Memaafkan Orang Lain

Orang yang zalim pasti merasakan pahit merasakan pahit kezalimannya, cepat atau lambat, di dunia dan di akhirat. Sebab, tidak ada dosa yang lebih layak dipercepat siksanya daripada kezaliman. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِي الدُّنْيَا , مَعَ مَا يُدَّخَرُ لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْبَغْيِ , وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

“Tidak ada dosa yang patut dipercepat siksanya di dunia oleh Allah kepada pelakunya, selain ia kelak mendapatkan siksaan di akhirat, daripada dosa kezaliman dan memutus tali kekerabatan.” (HR At-Tirmizi, Abu Dawud, dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahihul Jami no. 5704)

Orang yang zalim akan dibenci dan dijauhi oleh manusia. Dan Allah akan mencegah hidayahNya dari orang tersebut. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللّهَ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

“Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS Al-Maidah [5]: 51)

Kemudian, tidak ada manusia yang sucu dan bersih dari kekeliruan terhadap sesama, selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wajar saja kerena manusia memang gudangnya salah dan lupa. Baik itu yang disengaja ataupun tidak, sebagian mereka kerap kali menyakiti perasaan ataupun menzalimi seseorang.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat adil, zalim serta saling memaafkan ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Bahaya Kezaliman dan Keutamaan Memaafkan Orang Lain

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12524-bahaya-kezaliman-dan-keutamaan-memaafkan-orang-lain-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/